Tips Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Menjaga kessehatan yang paling mudah dengan mencuci tangan, karena aktivitas ini merupakan aktvitas yang tergolong mudah. Walaupun terlihat mudah ternyata masih banyak juga orang yang salah dalam mencuci tangan dengan benar. Paahny alagi, masih banyak orang yang jarang membiasakan untuk mencuci tangan. 

Seperti dilansir oleh geniusbeauty.com, bahwa penelitian dari Michigan State University yang melakukan percobaan pada 3.749 pengguna toilet umum. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa 15 persen pria dan 7 persen wanita tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet.

Sebanyak 78 persen wanita menggunakan sabun saat mencuci tangan, sedangkan kurang dari 50 persen pria yang menggunakan sabun. Kebanyakan orang hanya mencuci tangan selama 6 detik, padahal waktu yang disarankan ahli kesehatan untuk mengusap sabun adalah 15 hingga 20 detik. Jika kurang dari waktu tersebut, bakteri dan kuman berbahaya yang ada di tangan masih tertinggal. Akan lebih bagus jika seseorang mencuci tangan di bawah air mengalir.

Manfaat Cuci Tangan
Mengapa harus mencuci tangan? Mencucui tangan dapat menghindarkan seseorang dari serangan penyakit, bakteri, bahan kimia dan lainnya. Biasakanlah untuk mencuci tangan setelah melakukan aktivitas apapun.

Waktu yang Tepat Cuci Tangan
Ada banyak waktu bahkan setiap saat kita bisa melakukan cuci tangan untuk menghindarkan dari seranagn kuman ataupun bakteri. Tetapi ada beberapa waktu yang sangat tepat untuk melakukan cuci tangan, antara lain:
1. Sebelum makan atau saat menyiapkan makanan.
2. Sebelum menyuapi anak.
3. Sebelum meneteki/menyusui anak.
4. Sesudah keluar dari toilet/buang air kecil atau besar.
5. Sesudah memegang barang yang diduga mengandung kotoran.
6. Sesudah ceboki anak.

Tahapan Cuci Tangan Yang Baik dan Benar
Sebelum Anada mencuci tangan, bahasa terlebih dahulu tangan Anda dengan ari yang mengalir. Pakailah sabun dengan membersihkan bagian-bagian tangan sesuai rincian di bawah ini selama 20 detik.

Tahap 1 : Bersihkan telapak tangan dengan cara menggosok-gosokkan telapak tangan yang saling berhadapan.


Tahap 2 : Bersihkan punggung tangan dengan cara menggosok-gosokkan punggung tangan yang satu dengan telapak tangan yang lain. Lakukan secara bergantian antara tangan kiri dan tangan kanan.


Tahap 3 : Bersihkan jari jemari dan persendiaannya dengan cara saling meremas antara jari-jari tangan kiri dengan jari-jari tangan kanan.

Tahap 4 : Bersihkan punggung jari kedua tangan dengan cara saling mengunci.

Tahap 5 : Bersihkan ibu jari dengan cara menggenggam ibu jari yang satu dengan tangan lainnya dan saling memutar-mutar dengan arah berlawanan. Lakukan secara bergantian antara tangan kiri dan kanan.

Tahap 6 : Bersihkan ujung jari dengan cara menggosok-gosokkan ujung jari terhadap telapak tangan yang satunya. Lakukan secara bergantian antara tangan kiri dan kanan.

Tahap 7 : Bersihkan pergelangan tangan dengan cara memegang pergelangan tangan yang satu dengan tangan yang lainnya dan saling memutar-mutar dengan arah berlawanan.

Setelah Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas jangan lupa untuk membilas tangan pada air yang mengalir. Hal; ini dimaksudkan untuk menghilangkan sabun yang terdapat di sabun. Kemudian keringkan dnegan handuk dan diangin-anginkan. Semoga bermanfaat. Salam Sehat! (Foto: jurnalbidandiah.blogspot.com)

0 komentar:

Poskan Komentar