Kandungan Gizi dan Manfaat Terong


Terung / Terong memiliki nama ilmiah Solanum melongena. Tanaman terong mempunyai tinggi hingga 40-150 cm (16-57 inci). Daunnya cukup besar dengan ukuran 10-20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5-10 cm (2-4 inci) lebarnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus.


Kandungan Terong


Terong mempunyai kandungan yang cukup beragam yang mampu memberikan dampak yang menyehatkan tubuh. Berikut ini beberapa kandungan zat dalam terong. 

1. Phycocyanian
Phycocyanian merupakan protein kompleks yang terdapat pada kulit ungu terong, dan bermanfaat untuk menstimulasi kerja sel batang pada sumsum tulang, berperan dalam produksi sel darah putih dan merah, mencegah atau melawan kanker, pendarahan wasir, luka borok, dan bersifat antioksidan.

2. Antosianin
Merupakan senyawa flavanoid yang berguna untuk melindungi sel dari sinar ultra violet. Antosianin juga bisa membantu pengobatan penyakit seperti kanker, dan jantung.

3. Vitamin
Vitamin yang terkandung dalam kulit ungu terong yang terbanyak adalah vitamin B kompleks, dan lainnya seperti vitamin A, C, E, K dan juga vitamin D.

4. Zat besi
Zat besi sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia membuat jumlah sel adarah merah berkurang di dalam tubuh.

5. Ellagic Acid
Merupakan komponen fenolik yang dapat mencegah penggumpalan darah, menghambat pertumbuhan tumor dan sel kanker, serta mencegah kerusakan gen.

Manfaat Terong Untuk Kesehatan

1. Kaya Serat
Serat dapat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan buang air besar. Kandungan serat dalam terong ada sekitar 2 gram. Maka dari itu, apabila Anda mengalami gangguan pencernaan, terong bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang bisa meringankan gangguan tersebut.

2. Menurunkan Berat Badan
Terong dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, terong membuat kita tidak mudah lapar dan membantu memperlancar proses metabolisme tubuh. Selain itu juga terong dapat membantu dalam proses pembakaran lemak di tubuh.

3. Kanker
Dalam terong juga ditemukan terdapat elemen yang disebut dengan nasunin. Nasunin dapat membantu mengatasi sel – sel kanker yang ada didalam tubuh. Jadi semakin banyak terong yang dikonsumsi, maka semakin kecil kemungkinan anda terkena kanker.

4. Membantu Perkembangan Otak
Fitonutrien yang ditemukan dalam terong dapat membantu perkembangan otak kita dan melindungi membran sel dari berbagai kerusakan. Maka dari itu, terong bisa menjadi makanan yang baik bagi anak Anda agar tetap aktif dan cerdas.

5. Kesehatan Jantung
Terong dapat mengurangi kolesterol yang berada pada dinding arteri dan dinding pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Maka dari itu, terong dikenal sebagai salah satu makanan yang sehat untuk jantung.

7. Diabetes
Makanan tinggi serat seperti dalam terong dan juga rendah karbohidrat sangat baik bagi penderita diabetes. Hasi penelitian menunjukkan bahwa, jika kita konsumsi terong secara teratur maka kadar gula kita juga akan menurun dan stabil.

Beberapa manfaat di atas hanya sebagian kecil dari berbagai manfaat terong. Silahkan Anda mencari informasi yang lebih lengkap dan menyeluruh. Dan, jangan lupa untuk memakan terong karena mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat. Salam Sehat! (Foto: teknikdiet.com)

3 komentar:

  1. nyam,nyam,nyam terong kesukaanku...

    BalasHapus
  2. hohoho, katanya emang nikmat mas walau saya sendiri tidak terallau menyukainya he he he

    BalasHapus
  3. sungguh bagus manfaatnya... inforrmasinya sangat membantu... terima kasih

    BalasHapus