Tips Mengatasi Kelelahan Mata Akibat Bekerja di depan Komputer


Sebagai pekerja kantor, dalam aktivitas kerja sehari-hari tentu tidak pernah lepas dengan komputer. Bahkan tidak jarang harus bekerja di depan komputer dengan durasi 8 jam sehari di kantor. Atau bahkan lebih apabila ada pekerjaan lembur di kantor. Efek yang ditimbulkan tentu sangat tidak baik. Kesehatan mata merupakan efek langsung dari lamanya waktu yang digunakan untuk bekerja dengan komputer. Kelelahan mata menjadi efek yang paling terasa. Sehingga mata terasa sakit dan pedas.

Untuk menghindari akibat buruk kesehatan mata ada beberapa tips yang bisa Anda praktikkan. Beberapa tips ini sangat mudah untuk Anda terapkan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Bahkan bisa dikatakan, kelelahan mata bisa dikurangi dengan kebiasaan-kebiasaan berikut.
1. Mengatur Posisi Duduk
Mengapa posisi duduk memengaruhi kesehatan mata? Hal ini disebabkan postur duduk yang buruk memengaruhi ketegangan mata. Duduk yang terlalu lama tetapi tidak mengatur posisi duduk sedemikian rupa menyebabkan otot-otot di bagian kepala dan bahu menajdi kaku. Ini biasanya akan terasa pegal. Efeknya dapat terasa juga dengan mata yang cepat leleah.

Mengubah posisi duduk juga berfungsi untuk menjaga postur tulang belakang tetap seimbang. Posisi duduk yang tepat saat menatap layar komputer paling baik ialah dengan menjaga tulang belakang tetap tegak dan upayakan posisi yang nyaman bagi Anda. Selain itu, posisikan kaki Anda rata dengan lantai sehingga memberikan kenyamanan dan menjaga postur tubuh tetap seimbang.

2. Istirahatkan Mata Sejenak
Natural Perfect Vision melaporkan bahwa berkedip adalah cara sederhana untuk menjaga mata Anda tetap segar dan bisa kembali fokus. Selama berkedip Anda akan mengalam periode gelap yang singkat. Hal ini membantu menyegarkan mata Anda dan bisa kembali fokus dengan pekerjaan.

Selain berkedip, istirahatkan mata dengan berpaling dari layar komputer sejenak. Hal ini membantu untuk menghilangkan efek cahaya yang terfokus dalam mata. Ketika memalingkan mata berarti ada penghilngan radiasi layar monitir ke mata Anda. Sehingga ketika selesai beraling, mata Anda akan kembali segar.
Selain gdua langkah tersebut, tutup mata dengan tangan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan tekanan di sekitar mata. Langkah ini juga dapat dilakukan untuk membiarkan mata Anda santai sejenak. Melakukan penutupan ini dapat memberikan perbedaan besar dalam hari-hari Anda. Sealnjutnya Anda bisa melakukan pijatan ringan kepada mata Anda selama 1-2 menit agar mata lebih rileks.

"Selain menutup mata dan membiarkan mata istirahat sejenak, cara lain seperti menggunakan tetes mata lubrikan (artificial tears) yang sekarang banyak dijual di pasaran juga dapat membantu memberikan efek rileks," ungkap dr Gitalisa Andayani, SpM, spesialis mata Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM Kirana yang ditulis oleh detikhealth, Rabu (22/5/2013).

3. Setting Komputer

Menggunakan monitor yang radiasinya rendah, dapat mengurangi rasa lelah yang diderita mata. Komputer mempunyai tingkat radiasi yang berbeda-beda. Pancaran radiasi dari layar CRT cukup besar dan yang agak kecil LCD. Jadi, gunakan layar LCD saja. agar resiko radiasinya lebih kecil.

Selain itu sesuaikan kecerahan monitor. Jangan terlalu cerah dan juga jangan terlalu buram, hal ini berfungsi menjaga tingkat fokus mata Anda terhadap layar. Layar yang terlalu cerah maupun terlalu gelap memaksa mata Anda untuk melihat dengan fokus tingkat tinggi sehingga mengakibatkan kelelahan mata. Anda juga dapat mengatur jarak pandang mata Anda dengan layar monitor. Jarak pandang yang paling tepat dalam memandang layar komputer sekitar 45-50 cm. (Sumber: detikhealth, foto: wimiu.com)

0 komentar:

Poskan Komentar