Manfaat Tanaman Lengkuas

Apakah Anda mengenal tanaman Alponna Galangga? Alpanna Galangga merupakan salah satu bumbu dapur yang;lebih dikenal dengan Lengkuas atau Laos. Biasanya, pemakaian lengkuas untuk menyedapkan masakan. Lengkuas ini masih tergolong jenis umbi-umbian yang biasa dijumpai di dataran rendah maupun tinggi. Bentuknya hampir sama dengan kunyit dan jahe.

Batang lengkuas hampir sama dengan jahe dengan tinggi kurang lebih sekitar 2 meter. Daun lengkuas berbentuk bulat panjang. Panjang daun dapat mencapai setengah meter dengan lebar sekitar 15 cm. Daun bagian bawah terdiri dari pelepah-pelepah saja, bagian atas lengkap dengan helaian daun. Sedangkan bunganya muncul pada ujung pohonnya.

Di Indonesia, lengkuas tumbuh dengan dua jenis. Lengkuas dengan rimpang putih dan berimpang merah. Lengkuas merah mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan lengkuas putih. Selain itu khasiat lengkuas rimpang merah juga lebih besar daripada lengkuas putih. Berikut ini beberapa khasiat dari lengkuas dan cara meraciknya.

1. Rematik


Sediakan 2 rimpang lengkuas, dan 1 butir telur ayam kampung. Kemudian parut rimpang lengkuas lalu diperas dan ambil airnya. Campur dengan kuning telur ayam kampung mentah. Kemudian aduk keduanya sampai merata. Minum 1 kali dalam sehari. 

2. Bronkhitis


Sediakan 1 jari rimpang lengkuas merah, dan 2 sendok makan madu. Kemudian parut rimpang lengkuas, ambil airnya. Tambahkan setengah cangkir air masak dan madu, remas sampai rata. Kemudian diperas dan disaring. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.

3. Diare


Sediakan 1 rimpang lengkuas dan madu secukupnya. Parut lengkuas kemudian tambahkan dengan setengah cangkir air masak dan madu. Kemudian peras dan saring. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.

4. Sakit limpa


Sediakan 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang umbi temulawak sebesar ibu jari, dan 1 genggam daun meniran. Rebuslah semua bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih. Ramuan ini dapat diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

5. Campak


Sediakan 4 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 1 sendok teh minyak kayu putih, dan 2 sendok teh gandapura. Parutlah lengkuas sampai halus kemudian dicampur dengan bahan lainnya. Ramuan tersebut digunakan untuk obat luar dengan dioleskan ke badan.

Selain beberapa manfaat di atas, lengkuas juga bisa digunakan dengan mengkonsumsi secara langsung saat mabuk. Selain itu mengunyah lengkuas juga mengurangi rasa mual. Semoga bermanfaat. (Hadila)



0 komentar:

Poskan Komentar